Isi Materi MPLS, Satlantas Polres Trenggalek Imbau Pelajar Tertib Berlalu Lintas

Polres Trenggalek - Memanfaatkan momentum hari pertama masuk sekolah, Satlantas Polres Trenggalek turut serta mengisi materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS di sekolah-sekolah. Salah satunya adalah SMK Kesehatan Brawijaya Durenan.

Dipimpin langsung oleh Kanitlaka Ipda Hanik Setyobudi, S..H., didampingi beberapa personel Polwan, memberikan materi tentang etika berlalu lintas dan safety riding dalam berkendara di jalan raya kepada sejumlah siswa baru. Selasa (16/07).

Dalam kesempatan tersebut Ipda Hanik memaparkan tentang bagaimana berlalu lintas yang baik dan mentaati segala peraturan yang ada. Pihaknya mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk selalu tertib berlalu lintas.

“Generasi millenial dengan rentang usia 15 hingga 35 tahun masih menduduki peringkat tertinggi baik sebagai korban maupun pelaku kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, diperlukan edukasi dan pemahaman yang bersifat continue terkait dengan etika berlalu lintas.” Jelas Ipda Hanik

Lebih lanjut Ipda Hanik menuturkan, para pelajar dengan berbagai macam problematikanya mempunyai karakteristik yang cukup dominan dimana pada usia tersebut memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cenderung suka mencoba-coba.

“Tantangan tersebut biasanya diwujudkan salah satunya berupa pelanggaran lalu lintas yang tanpa disadari bisa berbahaya tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga orang lain, seperti kebut-kebutan, tidak menggunakan standar pengamanan helm atau safe belt, knalpot brong dan lain-lain” Imbuhnya

Selain menyampaikan materi tentang etika dan aturan berlalu lintas, Ipda Hanik dibantu Polwan juga memberikan pelatihan 12 gerakan lalu lintas. Tak sebatas teori saja tetapi juga praktek bersama-sama yang dipandu langsung oleh Bripda Hanifah.

“Nah, biasanya kan para siswa ini juga dilibatkan pengaturan lalu lintas didepan sekolah membantu menyeberangkan guru dan teman-temannya. Agar lebih greget kita ajarkan sekalian gerakan pengaturan lalu lintas.” Pungkasnya

Ipda Hanik berharap, dengan kegiatan semacam ini akan tumbuh bibit-bibit baru generasi yang sadar tentang pentingnya tertib berlalu lintas sekaligus mendorong munculnya agen-agen pelopor keselamatann berlalu lintas khususnya di SMK Kesehatan Durenan.