Manfaatkan Momentum MPLS, Kasatlantas Bekali Pelajar Wawasan Tertib Berlalu Lintas

Polres Trenggalek - Generasi muda Indonesia harus memiliki karakter dan kepribadian tangguh, tanggon, trengginas dan taat hukum. Karakter tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan selalu menjaga etika dan tertib berlalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Suprihanto, S.H., saat menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS di MAN Trenggalek. Rabu (17/07)

Tertib berlalu lintas, kata AKP Suprihanto, harus berangkat dari kesadaran diri sendiri bukan karena takut ada petugas. Pelanggaran lalu lintas sekecil apapun akan berdampak negatif bukan hanya kepada pengendara tetapi juga orang lain termasuk keluarga dan orang tua.

“Terjadinya kecelakaan lalu lintas diawali dari pelanggaran. Masa depan adik-adik masih sangat panjang. Jangan sampai terhenti karena kecelakaan. ” Ujar AKP Suprihanto

Dalam acara yang digelar di Aula sekolah dan diikuti oleh ratusan siswa baru tersebut, AKP Suprihanto menekankan kepada seluruh siswa bagi yang belum cukup umur dan tidak memiliki SIM agar tidak mengemudikan kendaraan bermotor.

“Lebih baik minta diantar orang tua dan pastikan faktor safety dengan menggunakan helm atau safe belt” Imbuhnya

Selain itu, AKP Suprihanto dibantu beberapa anggota Satlantas juga menyampaikan materi dasar pengetahuan tentang kelalulintasan seperti rambu-rambu, marka jalan etika berlalu lintas dan yang tak kalah penting adalah pelatihan gerakan pengaturan lalu lintas sehingga pada saat-saat tertentu para pelajar ini bisa melakukan pengaturan lalu lintas secara mandiri dengan pendampingan dari para guru maupun petugas.

“Meskipun waktunya sangat terbatas, diharapkan para siswa ini bisa lebih memahami arti penting tertib berlalu lintas. Sedangkan untuk jangka panjangnya mereka bisa menjadi agen-agen muda pelopor keselamatan berlalu lintas” Pungkasnya.