Penanganan Covid-19, Kapolres Trenggalek: Keselamatan Masyarakat Hukum Tertinggi

Polres Trenggalek - Kepala Kepolisian Resort Trenggalek kembali menegaskan asas keselamatan dan kemaslahatan masyarakat merupakan hukum tertinggi dalam penanganan penyebaran Covid-19. Langkah ini sesuai dengan Maklumat Kapolri nomor Mak/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang, Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Covid-19.

Hal ini diungkapkan AKBP Jean Calvijn Simanjuntak S.I.K., M.H. saat mengikuti live streaming siaran pers bersama Bupati dan Komandan Kodim 0806 Trenggalek di ruang smart center Kabupaten Trenggalek. Minggu (30/3).

AKBP jean Calvijn mengtakan, pihaknya bersama dengan jajaran Forkopimda bersinergi melakukan langkah-langkah preemtif maupun preventif guna menangkal Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Salah satunya, menetapkan kawasan phycycal distancing di beberapa lokasi hingga kecamatan dan desa.

“Kita sama-sama melaksanakan imbauan, sosialisasi. Untuk warga dipersilahkan tinggal di rumah saja biar kami aparat yang bekerja diluar.” Ujar AKBP Jean Calvijn.

Terkait dengan pembatasan akses masuk kabupaten Trenggalek, AKBP Jean Calvijn menuturkan, pihaknya sejak awal telah memberikan dukungan dengan menempatkan personel untuk membantu pengamanan dan proses identifikasi total kepada semua orang yang masuk ke wilayah juridiksi Kabupaten Trenggalek.

“Kita backup sepenuhnya dengan menempatkan personel yang memadai di masing-masing lokasi chek point” Imbuhnya.

Adapun akses masuk Kabupaten hanya akan dibuka melalui tiga Checkpoint, yaitu Jalur jalan nasional Trenggalek – Tulungagung yang ditempatkan di Durenan, Jalur jalan nasional Ponorogo – Trenggalek di anjungan cerdas Kecamatan Tugu dan Jalur jalan nasional Pacitan – Trenggalek di Kecamatan Panggul.

Hal tersebut dimaksudkan agar semua orang yang masuk apalagi berkontak erat dengan wilayah dan negara zona merah dapat terdata dan teridentifikasi total secara keseluruhan oleh petugas gabungan dan dipantau pergerakannya atau tindakan lain sesuai protokol kesehatan yang berlaku

“Sekali lagi, kami imbau masyarakat untuk mematuhi apa yang telah menjadi kebijakan pemerintah ini. Warga diharapkan disiplin melakukan isolasi atau karantina mandiri dirumah dan menerapkan social distancing maupun physical distancing demi keselamatan bersama.” Pungkasnya