Cara Unik Polisi Trenggalek Ingatkan Pengendara Pakai Masker

Polres Trenggalek - Aksi simpatik kembali ditunjukkan oleh petugas Kepolisian di Kabupaten Trenggalek. Guna menggugah kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker, sejumlah polisi lalu lintas (Polantas) diterjunkan di jalan protokol padat aktivitas. Para polantas ini berdiri ditengah jalan dengan membentangkan poster kecil berisi kata-kata menarik. Rabu (3/6)

Tak ayal, kehadiran Polantas yang didominasi Polwan sukses mencuri perhatian para pengendara yang kebetulan melintas. Tak sedikit pengendara yang tersenyum simpul saat membaca kalimat yang tertera dalam poster atau bahkan ada yang buru-buru mengenakan masker.

Bagaimana tidak, kalimat yang tertera dalam poster tersebut seakan menyindir secara halus masyarakat yang masih enggan menggunakan masker saat keluar rumah. Kalimat tersebut antara lain, `Selain bau, mulut anda mungkin mengandung virus, pakailah masker untuk melindungi lingkungan anda` dan `Terima kasih anda keren sudah memakai masker`.

Selain pesan tentang masker, beberapa poster diantaranya juga berisikan pesan-pesan Kamtibmas khususnya terkait ketertiban dalam berlalu lintas seperti `Jadilah pelopor keselamatan, taati peraturan dan rambu lalu lintas` dan lain-lain

Dikonfirmasi terpisah Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randi Asdar., S.Kom., S.I.K., pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek terus berupaya keras mengimbau masyarakat agar tetap disiplin dan mentaati protokol kesehatan demi mencegah dan meminimalisir penularan Covid-19.

“Kita kedepankan langkah preemtif, preventif tentunya dengan mengedepankan sikap humanis.” Tegas AKP Randi

“Poster kita buat semenarik mungkin dengan bahasa yang mudah diterima tetapi mampu menggugah kesadaran masyarakat khususnya pengendara tentang pentingnya mengenakan masker saat beraktivitas diluar rumah” Imbuhnya

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya masih menemukan beberapa pengendara baik roda dua maupun roda empat yang tidak menggunakan masker. Petugas kemudian memberikan teguran dan imbauan dengan ramah tanpa mengurangi sikap tegas dan profesional.

AKP Randi menambahkan, disamping sosialisasi pencegahan Covid-19, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mendorong agar masyarakat lebih peduli terhadap keselamatan diri dan tertib saat berlalu lintas.

Ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda tanah air, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi anjuran pemerintah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan menghindari kerumumanan, menjaga jarak aman, mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjalankan pola hidup sehat dan bersih.

“Kita harapkan kepedulian masyarakat semakin meningkat. Apa yang kami lakukan ini tidak akan berarti tanpa partisipasi dan dukungan masyarakat untuk bersama-sama mencegah covid-19.” Pungkasnya