Upaya Polres Trenggalek Tingkatkan Disiplin Anggotanya

Polres Trenggalek - Kepolisian merupakan salah satu lembaga negara yang dikenal dengan penerapan disiplin tinggi bagi anggotanya. Guna menjaga disiplin dan ketertiban dikalangan anggota, kerap digelar pemeriksaan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Seperti yang dilakukan Sipropam Polres Trenggalek ini. Sesaat sebelum apel pagi beberapa personel provos sudah berdiri didepan pintu gerbang Mapolres. Setiap anggota yang masuk Mako dilakukan pemeriksaan baik sikap tampang maupun kelengkapan kendaraan. Rabu (3/6).

Kasipropam Polres Trenggalek Ipda Sanusi, S.H., menegaskan pada prinsipnya kegiatan seperti ini sudah menjadi rutinitas agar disiplin anggota tetap terjaga dengan baik.

“Anggota Polri adalah teladan bagi masyarakat, maka dari aspek ketertiban, ketaatan terhadap aturan dan disiplin harus bisa menjadi contoh bagi yang lain” Ujar Ipda Sanusi

Pemeriksaan tersebut lanjut Ipda Sanusi, kelengkapan diri meliputi identitas seperti KTP dan KTA, kemudian kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK serta spektek kendaraan. Sedangkan sikap tampang meliputi kerapian rambut dan penggunaan seragam polisi (Gampol) sesuai aturan yang berlaku termasuk penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan pemeriksaan suhu tubuh.

Ipda Sanusi menambahkan, bagi anggota yang kedapatan melanggar, pihaknya akan memberikan tindakan tegas mulai dari teguran hingga tindakan disiplin. Khusus yang melanggar bidang lalu lintas selain teguran juga ditindak berupa tilang sebagaimana masyarakat lainnya.

Disinggung terkait hasil pemeriksaan, Ipda Sanusi menuturkan bahwa seluruh anggota yang diperiksa dalam keadaan lengkap namun ditemukan ditemukan satu pelanggaran terkait sikap tampang dan sudah diberikan teguran secara tertutis.