Kapolsek Panggungrejo Polres Blitar menyerahkan buku saku Bhabinkamtibmas

Tribratanewsblitar.net – Pagi ini Selasa, 09 Januari 2017 Personil polsek Panggungrejo melaksanakan giat Apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Panggungrejo AKP Eddy Sumartono, SH dilanjut dengan pengarahan/evaluasi kinerja para Bhabinkamtibmas maupun fungsi yang lain serta penyerahan Buku Saku Pedoman Pencegahan, Pengawasan/Pengawalan dan Penanganan dana Desa kepada para personil Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Panggungrejo AKP Eddy Sumartono, SH menyerahkan Buku Saku Pedoman Pencegahan, Pengawasan/Pengawalan dan Penanganan dana Desa secara simbolis kepada seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Panggungrejo.

“Buku pintar tersebut disalurkan kepada seluruh para Bhabinkamtibmas di Polsek Panggungrejo sebagai Pedoman atau panduan tugas dalam melakukan pengawalan/Pengawasan dana desa sesuai dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemendes tertinggal, Kemendagri dan Kapolri yang telah ditanda tangani dalam beberapa pekan yang lalu,” ujar AKP Eddy.

Dijelaskannya Buku Saku Pedoman Pencegahan, Pengawalan/Pengawasan dan Penanganan dana Desa tersebut berisikan dasar pedoman tugas Kepolisian, tugas Pokok Bhabinkamtibmas, Fungsi Bhabinkamtibmas, Wewenang Bhabinkamtibmas, Daftar Istilah, Latar Belakang, Dasar Hukum, Peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan desa, Sumber Pendapatan Desa, Skema Sumber Pendapatan Desa, Alur Penyusunan Anggaran, Penggunaan dan Pengelolaan Dana Desa.

“Asas Pengelolaan Dana Desa, Pengawalan/Pengawasan Dana Desa, Peran Bhabinkamtibmas dalam pengelolaan Dana Desa, Ketentuan Pikor Dalam Penyimpangan Dana Desa, dan Pengadaan Barang dan Jasa,” terang AKP Eddy tersebut.

Dengan adanya panduan buku tersebut, tambah AKP Eddy para Bhabinkamtibmas, tidak akan ragu lagi dalam melakukan tindakan di lapangan terkait penggunaan dana desa di Kecamatan Panggungrejo Kab.Blitar.(hmsblt/Panggungrejo)